Flash via QFiL

AndroidLand ComputerBicara mengenai Qualcomm pasti kalian ga akan melupakan tool yang satu ini, sebuah alat flash yang hampir 75% universal untuk penginstalan android yang berprosesor Qualcomm. Seperti kebanyakan tool yang lainnya, QFil memang dirancang sederhana dan ga terlalu ribet bahkan kita hanya perlu memasukan file dengan mudah dan hanya sedikit saja waktu buat kita tekan proses mulai dan proses flash pun akan berjalan dengan sendirinya.
Memang diakui kualitas QFil ini ga terlalu memberi resiko untuk hasilnya, jika hp dalam keadaan rusak parah dan firmware yang ga cocok biasanya QFil ditandai dengan tidak berjalanya proses flash atau gagal dan untuk hal tersebut anda tidak perlu khawatir tentang nasib smartphone user anda karena kecelakaan disini hampir jarang atau bahkan masalah tersebut tidak akan muncul sperti kasus mati total gara-gara proses flashing yang gagal.

Sebenarnya QFil sendiri belum terlalu lama rilis, sebelumnya Quallcomm masih mengandalkan QPST untuk senjatanya, namun sesuai perkembangan jaman QPST telah merilis QFil sebagai alat yang simpel dan bahkan sangat simpel. walau awalnya seseorang harus belajar banyak tentang QPST namun untuk saat ini QPST nya sendiri juga masih bisa digunakan meski tak semudah menggunakan QFil itu sendiri.

dan berikut admin telah menyusun proses flashing yan tentu saja mudah sekali anda pahami, berikut tutorial kami dibawah ini.

Bahan yang perlu disiapkan bisa anda unduh berikut ini:

1. QPST


2. Driver Qualcomm


3  PC/laptop

4. Kabel data

5. Rokok beserta kopi kapal api pake susu dikit, ingat yah susunya dikit aja karena kalo banyak katanya ga boleh, hehe..

Extract QPST dan driver yang sudah anda download diatas meggunakan WinRAR atau 7Zip, setelah anda extract buka difolder driver disitu ada file berbentuk (.exe) anda klik saja lalu instal seperti biasa, cintaku bukanlah cinta biasa... lah kok malah nyanyi yah...  (:

Setelah selesai lalu pergi ke QPST seperti langkah sebelumnya anda instal QPST yang berextensi (.exe) lanjutkan sampai finish. Setelah semua bahan telah diinstal anda tentu tidak akan meemui shorcut aplikasi di destop namun anda bisa melihatnya di search pada menu windows, ketik QFil maka anda akan menemui aplikasi tersebut seperti gambar dibawah, klik kanan pilih run administrator,





maka akan jendela aplikasi akan terbuka seperti berikut ini





Untuk menggunakannya kalau untuk versi terbaru QFil anda pilih Flat Build yang berada dipojok kiri atas, langkah selanjutnya anda bisa pilih browse dan cari firmware yang sesuai dengan perangkat anda dengan extensi (.mbn), setelah itu anda pilih prog_emmc_firehose.mbn (munkin berbeda sesuai firmware namun tetap file akan berformat .mbn), kemudian klik 2 kali, jendela akan diarahkan otomatis dan anda tinggal pilih saja rawprogram0.xml (atau mungkin berbeda sesuai dengan firmware) klik 2 kali.


#Gambar cara memasukan firmware





#Gambar pengambilan Load XML






Setelah firmware dan langkah diatas telah dilakukan, selanjutnya anda matikan hp anda dan biasanya untuk qualcomm sendiri, anda harus menekan volume - dan volume + (sesuai tipe hp) sambil menghubungkan perangkat menggunakan kabel data usb yang sudah tersambung di komputer, kemudian pastikan di device manager anda sudah terhubung, ditandai dengan driver yang menunjukan usb 9008. lalu untuk melanjutkan anda tekan download.

Proses flash akan berjalan, pastikan anda melihat ikon yang berjalan pada proses ini, jika tidak maka kemungkinan firmware atau hp anda bermasalah mungkin pada hardware. untuk memastikannya anda bisa mencoba firmware yang lain. 

#gambar proses flashing



Tunggu 5-10 menit dan jika anda berhasil akan ditandai tanda finish, setelah itu biasanya perangkat otomatis akan restart sendiri. lihat gambar dibawah ini.



Done !

semua yang terjadi pada kesalahan firmware yang salah dan masalah hardware yang menyebabkan hp brick/mati total admin tidak bertanggung jawab dengan hal tersebut, pastikan anda mempunyai pemahaman sebelum melakukan proses ini, karena kita tidak tahu apa masalah sebenarnya pada perangkat yang kita kerjakan, dan tak lupa kita bersyukur karena kita masih diberikan umur dan masih bisa belajar, walaupun terkadang belajar itu sulit namun percaya bahwa proses belajar akan membawa kita dalam masa bahagia nanti, dan belajar pula merupakan kewajiban kita sebagai umat islam.

*keberhasilan merupakan point terpenting, namun tidak semua hal yang kita lakukan akan berbuah manis. salam klik...




KLiK OS Developers

Labels: Flash Tutorials

Thanks for reading Flash via QFiL. Please share...!

1 Comment for "Flash via QFiL"

Pada Load XML saya tidak menemukan file Rawprogram0 nya. mohon di balas

Back To Top